8 Tempat Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi saat Bulan Ramadhan

8 Tempat Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi saat Bulan Ramadhan

Saat ini umat Islam di seluruh belahan dunia sedang menjalankan ibada puasa bulan Ramadhan. Selama sebulan mereka harus bisa menahan nafsu, makan, dan juga minum dari pagi sampai sore. Namun, puasa tidak dapat kamu jadikan sebagai alasan untuk tidak melakukan kegiatan traveling, loh. 

Saat ini telah banyak sekali lokasi wisata yang ada di Indonesia yang cocok sekali untuk kamu kunjungi saat bulan Ramadhan tiba. Tidak hanya tempat-tempat ibadah yang mengagumkan saja, namun Indonesia juga mempunyai banyak sekali tempat wisata bulan Ramadhan. Khusus untuk kamu yang berada di Pulau Jawa, berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata untuk kamu. 

1. Taman Menteng, Jakarta 

Di tengah padatnya aktivitas dan juga lalu lintas Ibu Kota, ternyata Jakarta juga masih memiliki taman kota yang sangat asri. Kalian tentunya tidak asing jika mendengar Taman Menteng bukan? Ya, taman yang masih asri ini memiliki kebun bunga dan juga pelataran yang bisa kamu gunakan untuk sekedar bersantai saja. Taman ini cocok sekali untuk kamu yang ingin ngabuburit di daerah Jakarta. Dan ketika waktu berbuka puasa tiba, kamu dapat menemukan banyak pedangan takjil dengan berbagai macam pilihan. 

2. Cafe D’Pakar, Bandung 

Bandung memang sudah terkenal dengan tempat wisata kuliner yang menyatu dengan alam. Hal tersebut sangat jelas sekali ada di Cafe D’Pakar yang ada di daerah Sekejolang. Di cafe ini kamu dapat menikmati keindahan alam Bandung dan juga sejuknya udara dari Bukit Moko. 

Sambil menunggu waktu untuk berbuka, kamu dapat memesan beberapa menu yang telah disediakan disana yang tentu saja lezat dan juga menggugah selera, seperti roti panggang, pisang bakar coklat keju, sampai aneka nasi goreng. 

3. Keraton Kanoman, Cirebon 

Selanjutnya untuk kamu yang ingin ngabuburit sambil belajar sejarah, maka cocok sekali kamu kunjungi Keraton Kanoman yang ada di Kota Cirebon. Tempat bersejarah ini ternyata masih ditinggali oleh wakil sultan. Selain itu, kerato ini juga mempunyai keunikan sendiri. 

Keraton yang didominasi oleh ornamen warna putih ini, memiliki keunikan yaitu masih menyimpan berbagai macam benda bersejarah, pusaka dan juga kereta kencana Paksi Naga Liman. Tempat wisata ini dikelilingi oleh pepohonan rindang, jadi kamu tidak perlu takut kepanasan jika berkunjung ke sini. 

4. Pantai Suradadi, Tegal 

tempat wisata

Jalur pantura memang tidak hanya sibuk dengan lalu lintas nya saja, namun juga dipadati dengan berbagai macam wisata bahari yang ada disana. Salah satu tempat wisata yang wajib untuk kamu kunjungi di bulan Ramadhan yaitu pantai suradadi yang terletak di Tegal.

Tempat ini memiliki panorama yang indah dengan sederet pohon kelapa yang tinggi dan juga hamparan air laut yang tentunya bisa menyejukan hati kamu jika berkunjung ke sini. 

5. Goa Kreo dan Waduk Jatibarang, Semarang

Kamu ingin cari tempat wisata untuk ngabuburit, namun tetap instagenic? Kamu bisa sekali untuk berkunjung ke Goa kreo dan Waduk jatibarang yang berada di Semarang. Saat kesini, kamu bisa mengajak keluarga atau teman untuk berfoto bersama-sama. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke kampung kera yang letaknya tidak jauh dari sana. 

6. Masjid Pathok Negoro, Yogyakarta 

Tempat yang bisa kamu kunjungi ketika bulan Ramadhan berikut nya yaitu masjid pathok yang ada di Yogyakarta. Masjid ini ternyata sudah berusia 292 tahun, masjid ini juga mempunyai nilai sejarah yang sangat besar, karena menjadi saksi sejarah ketika Kerajaan Yogyakarta akan mempertahankan wilayah Nagaragung dari serangan Belanda pada masa penjajahan dahulu. 

Jadi ketika kamu berkunjung kesini, kamu dapat beribadah dan juga belajar sejarah. Namun, karena kota Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata, kamu juga dapat berkunjung ke beberapa tempat wisata yang ada disana. 

7. Masjid Muhammad Cheng-Ho, Surabaya 

Masih yang satu ini mempunyai keunikannya sendiri yang terletak pada bagian ornamennya. Suasana Tionghoa lama sangat terasa ketika kamu mulai masuk ke dalam pelatarannya. Pintu masuk dari masjid ini berbentuk seperti pagoda yang memiliki arti adanya perpaduan budaya yang ada di masjid ini. 

Apabila dilihat dari sejarahnya, nama Muhammad Cheng-ho ini diambil dari salah seorang laksamana yang berasal dari Tiongkok yang beragama Islam. 

8. Monumen Simpang Lima Gumul 

Monumen ini merupakan monumen yang sama dengan Arc de Triomphe yang ada di Perancis. Tempat ini bisa menjadi salah satu wisata yang wajib untuk kamu kunjungi. Kamu dapat menikmati sore dengan berjalan-jalan disekitar monumen ini. Ketika menjelang berbuka puasa, ada beberapa pedagang yang berjualan makan di sekitar monumen ini, jadi kamu tidak perlu bingung mencari makanan untuk berbuka puasa di sini. 

Itulah beberapa rekomendasi kota yang bisa kamu kunjungi saat bulan Ramadhan. Selamat mencoba! 

Comments are closed.