Bagaimana Nasib Sirkuit Pertamina Mandalika Usai Gelaran MotoGP?

Bagaimana Nasib Sirkuit Pertamina Mandalika Usai Gelaran MotoGP?

Moto GP Mandalika 2022 telah sukses digelar di sirkuit Mandalika pada  Maret 2022 lalu. Sirkuit Mandalika yang terletak di Mandalika Lombok tengah Nusa  Tenggara Barat ini memiliki trek lintasan sepanjang  4, 31 Km dengan 17 tikungan  dengan view pemandangan yang menakjubkan  diapit oleh pegunungan dn juga pantai.

Setelah hingar bingar MotoGp selesia  dengan menobatkan pembalap asal Spanyol Miguel OLiveira naik podium sebagai pemenang yang  finish di tempat pertama.

Yang jadi pertanyaan bagaimana nasib sirkuit Mandalika selanjutnya? Hal ini menjadi lumrah jadi pertanyaan mengingat Sirkuit Mandalika ini dibangun dengan menelan biaya  1,2 Triliun sebuah biaya yang cukup besar sehingga tentu saja.

Jika Sirkuit Mandalika hanya  untuk menjadi ajang gelaran Moto GP sekali saja tentu akan sangat miris, apalagi jika kemudian setelahnya sirkuit Mandalika menjadi terbengkalai dan  jarang digunakan, hal ini tentu saja hanya akan membuang buang Anggaran.

Kemungkinan sirkuit Mandalika akan terbengkalai jika tidak diurus dengan benar sangat besar mengingat  wilayah  sirkuit yang jauh dari pusat kota dan juga masih kurangnya infrastruktur  di sekitar sirkuit yang mendukung sehingga ditakutkan akan membuat minimnya minat masyarakat untuk ke sana.

Perlu Strategi Supaya Sirkuit Mandalika Tidak Terbengkalai

Untuk pemecahan masalh tersebut tentu saja pihak pengelola Sirkuit Mandalika  yaitu MGPA atau Mandalika Grand Prix Association  perlu memikirkan  untuk menyelenggarakan lagi acara yang berkaitan dengan race baik skala internasional maupun tingkat nasional. Hal tersebut untuk menarik minat animo masyarakat  untuk meramaikan sirkuit Mandalika.

Direktur MGPA Priandi Satria  memastikan bahwa Sirkuit Mandalika selepas hajatan Moto GP tidak akan “nganggur dan terbengkalai “, sejumlah acara balapan baik skala nasional maupun internasional sudah direncanakan untuk di gelar di sirkuit Mandalika ke depannya.

Untuk tingkat Nasional Pihak MGPA sudah melakukan konsolidasi dengan ikatan motor Indonesia ( IMI ) untuk bisa memanfaatkan Sirkuit Mandalika untuk menyelenggarakan kegiatan mereka. Baik gelaran balap roda dua maupun roda empat. 

Untuk acara balapan Internasional pun  dipastikan akan  event race yang bakal memakai  Sirkuit Mandalika, yang paling dekat GT series untuk balapan roda empat pada oktober nanti  dan selanjutnya disusul  World Superbike pada bulan November.

Selain itu, Abdi Genta selaku promotor balap nasional saat mengisi program wawasan di Radio Suara surabaya mengatakan bahwa  Dorna Sport selaku pemegang hak komersial MotoGP telah sepakat untuk menekan kontrak 10 tahun  dengan pihak Indonesia. Dimana ini artinya  pada tiap tahunnya mereka akan menggelar ajang seri racenya di Indonesia dan diharapkan Sirkuit Mandalika akan jadi tempat acaranya

Abed Genta juga menyatakan bahwa setelah lebaran nanti , akan diselenggarakan  sia Racing championship di sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika Memiliki Potensi yang Bagus 

Potensi sirkuit Mandalika sangat bagus, selain  lokasi sirkuit dengan pemandangan bagus, arena sirkuit  dan aspal yang bagus, di luar sirkuit juga memungkinkan untuk dipakai untuk kegiatan slalom level nasional maupun internasional,

Selain lewat  penyelenggaraan event event balapan baik skala  nasional maupun internasional. Untuk membuat Sirkuit Mandalika kembali bergairah untuk menarik animo masyarakat untuk dating selain pada saat ada acara balapan. Sirkuit Mandalika juga direncanakan untuk dibuat sebagai tujuan wisata  Circuit Tour dimana masyarakat pada nantinya bisa menikmati atmosphere arena sirkuit Mandalika dari dekat.

Karena selama ini mungkin masyarakat hanya dapat melihat arena sirkuit dari tribun saja, dengan adanya circuit tour ini masyarakat akan dapat melihat dan merasakan arena sirkuit dari dekat. 

Tentu ini kan sangat menarik rasa penasaran bagaimana melihat trek lintasan balapan dari dekat seperti yang dipaparkan oleh wakil direktur MGPA  Cahyadi Wanda. Diharapkan dengan adanya circuit tour ini Sirkuit Mandalika akan menambah destinasi baru wisata di Indonesia dan Lombok pada khususnya yang sudah terkenal lebih dahulu sebagai destinasi wisata  dunia

Hal ini juga seperti yang diungkapkan Direktur Utama ITDC atau Indonesia Tourism Development Corporation  Abdulbar M Mansoer yang mengatakan bahwa tujuan dari pembangunan Sirkuit Mandalika ini adalah sebagai destinasi Sport entertainment yang dimiliki oleh Indonesia seperti yang juga dimiliki oleh Negara tetangga dengan sirkuit Sepang yang lebih dahulu terkenal.

Dengan terus ditingkatkannya fasilitas sarana dan prasarana yang dapat mendukung para wisatawan untuk nyaman berkunjung ke sirkuit Mandalika diharapkan dalam waktu dekat Sirkuit Mandalika sudah  dapat memenuhi sebagai destinasi wisata sportainment. 

Langkah lain yang dilakukan oleh pihak pengelola Sirkuit Mandalika agar sirkuit ini tidak kosong dalam waktu lama adalah kemungkinan untuk  dapat membuat sirkuit mandalika sebagai sirkuit yang bisa disewa  secara pribadi oleh  tim balap baik dari nasional maupun internasional untuk mengadakan latihan. Namun untuk angkah itu masih perlu banyak hal yang harus dipersiapkan

Dengan demikian dapat dipastikan  Sirkuit Mandalika tidak akan bernasib terbengkalai ataupun kosong tanpa kegiatan. Ada banyak hal yang bisa digali dari potensi yang dimiliki oleh Sirkuit Mandalika terutama sebagai destinasi sportainment mengingat begitu indahnya lokasi dimana sirkuit ini berada. Diharapkan sirkuit mandalika akan terus dapat menarik animo masyarakat

 

Comments are closed.