Mencoba Bekerja Sambil Travelling

Mencoba Bekerja Sambil Travelling

Siapa yang tidak suka jalan-jalan atau traveling? Traveling adalah kegiatan yang kita lakukan di sela rutinitas kita untuk mengatasi kebosanan dan jenuh akibat rutinitas seperti bekerja agar tidak stress, traveling membuat kita lebih segar dari rasa jenuh agar bisa semangat kembali bekerja.

Nah, untuk traveling, kamu membutuhkan biaya yang kadang tidak sedikit. Kamu bisa bekerja untuk dan menabung untuk traveling, tapi kalau bisa melakukannya sekaligus kenapa tidak?  Apalagi jaman sekarang yang serba canggih, melakuan pekerjaan kamu dari mana saja, kapan saja adalah hal yang biasa. 

Digital nomad

Perkembangan zaman dengan teknologi yang berkembang pesat, memunculkan satu istilah baru yang populer dikalangan para millennial dan gen-Z, apakah kamu familiar dengan istilah digital nomad? Apa sih sebenarnya digital nomad itu? Yuk simak bareng-bareng. 

Pengembara digital atau lazim kamu kenal dengan digital nomad, adalah salah satu profesi jaman now yang sangat di idam-idamkan oleh banyak kaum millennial dan gen-Z saat ini. Gimana gak jadi pekerjaan idaman? Kamu bisa bekerja keliling dunia sambil traveling menikmati keindahannya.

Digital nomad adalah seseorang yang memanfaatkan teknologi untuk bekerja tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Istilah kata  nomad sendiri berasal dari kata nomaden, yang berarti berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. 

Dengan jam kerja yang fleksibel dari jam kerja kantoran, kamu gak harus bangun pagi untuk ke kantor, atau kuatir terlambat karena macet. Kamu bisa melakukan pekerjaan kamu dari coffee shop, perpustakaan, bahkan  dari atas gunung atau tepi pantai sekalipun sambil menikmati indah pemandangan.

Digital nomad berbeda dengan kamu yang bekerja secara remote. Digital nomad adalah sebuah profesi di mana kamu bisa bekerja kapan pun dan di mana pun. Sedangkan jika kamu bekerja secara remote, artinya kamu bebas bekerja di mana pun, tapi tetap dengan jam kerja yang sudah ditentukan. 

Seru ya? Jelas dong! Tetapi, kamu juga mesti tahu kalau menjadi seorang digital nomad ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kamu butuh usaha ekstra ketika mulai memutuskan untuk menjadi seorang digital nomad.

Pro kontra menjadi seorang digital nomad

Ada berbagai macam jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan sebagai digital nomad. Mulai dari digital marketer, desainer, copywriter dan masih banyak lagi. Namun menekuni profesi digital nomad bukan tanpa tantangan, berikut beberapa pro dan kontra menjadi seorang digital nomad.

Pro

1. Jam kerja bebas

Menjadi seorang digital nomad membuat kamu lebih fleksibel dalam mengatur waktu kerja kamu. Kamu bisa bekerja kapan saja kamu mau. Aturlah waktu kerja kamu dengan baik agar pekerjaan kamu tidak terbengkalai.

2. Kerja di mana saja


Sebagai seorang digital nomad, kamu tidak mempunyai tempat kerja yang tetap, jadi seorang digital nomad bisa bekerja dari coffee shop, perpustakaan lokal bahkan dari puncak gunung sekalipun. Kamu bisa menggunakan coworking space jika membutuhkan  tempat dengan latar terlihat sedikit formal ketika ada meeting online membahas pekerjaan.

3. Memperluas networking

Menjadi seorang digital nomad juga akan membuat networking kamu semakin luas, kamu akan mempunyai banyak koneksi lintas negara dalam berbagai bidang, dan juga lingkaran pertemanan yang semakin bertambah. Beberapa jenis pekerjaan digital nomad mengharuskan kamu untuk bersosialisasi, itu juga menjadikan kesempatan kamu menambah networking kamu.

Kontra

1. Penghasilan tidak tetap

Seorang digital nomad tidak terikat pada satu tempat dan pekerjaan, sehingga terkadang mempengaruhi penghasilannya. Pastikan kamu mempunyai kredensial yang baik dibidang kamu. Networking yang luas juga membantu kamu untuk memperoleh pekerjaan. Siapkan juga tabungan yang cukup untuk menyokong hidup kamu jika sedang tidak mendapatkan pekerjaan.

2. Jadwal tidak teratur

Karena jam kerja yang fleksibel, kamu harus belajar menyesuaikan diri dengan jam kerja kamu yang berubah-ubah, bisa saja jam istirahat kamu berubah menjadi jam kerja karena perbedaan zona waktu antar tempat. Pastikan kamu menjaga kesehatanmu dengan baik karena jadwal kerja yang tidak teratur bisa mempengaruhi kondisi badan kamu.

3. Konektivitas Internet buruk

Digital nomad sangat mengandalkan jaringan teknologi internet untuk melakukan pekerjaannya. Terkadang beberapa tempat yang sedang kamu kunjungi mempunyai jaringan internet yang kurang baik sehingga mengganggu pekerjaan kamu. 

Kamu bisa mengakalinya dengan mendownload pekerjaan kamu ketika jaringan internet sedang baik untuk kamu kerjakan nanti secara offline ketika jaringan internet sedang tidak baik. Belajar sedikit tentang cara mensetting internet dan juga tentang gadget kamu akan sangat membantu ketika terjadi kendala.

Kesimpulan

Demikianlah informasi seputar digital nomad, putuskan dengan matang sebelum kamu memutuskan untuk menjadi seorang digital nomad, kenali skill kamu dan kembangkan, perbanyak portfolio kamu, pastikan juga kamu mempunyai tabungan yang cukup sebagai pendukung finansial kamu. Dan yang terpenting, disiplin dalam mengatur waktu kamu adalah kunci menjadi seorang digital nomad yang sukses. 

 

Comments are closed.