Spot Wisata di India yang Wajib Dikunjungi

Spot Wisata di India yang Wajib Dikunjungi

Apakah Anda mengetahui bahwa negara India memiliki banyak sekali destinasi wisata? Pasti sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui.  India sangat terkenal akan kebudayaannya yang kental, membuat sektor wisata di India tersebut selain mengandalkan lokasi wisatanya, ternyata juga diperoleh dari berbagai upacara adat dari masyarakat India yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu sebagai hari memperingati acara tertentu.

Selain itu, di India pun setiap hari dapat dijadikan sebagai lokasi wisata oleh orang-orang dari mancanegara. Alasannya karena di kehidupan sehari-hari saja masyarakat India ini masih sangat kental untuk melakukan berbagai ritual tertentu. Misalnya pemujaan di kuil, melakukan ritual saat ada keluarga melakukan perjalanan atau pergi, upacara kematian, upacara pernikahan, dan lain-lain.

Kegiatan orang India sedemikian rupa ini dapat mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan, khususnya bagi para wisatawan yang datang dari berbagai negara. Tapi, jika Anda melihat berbagai destinasi wisata yang ada di India, pada artikel kali ini akan dibahas satu persatu. Menjadi salah satu negara dikawasan Asia, India adalah negara yang memiliki pengunjung sangat banyak tiap tahunnya. Mempunyai kebudayaan sangat kental, di negara India juga menyimpan banyak destinasi wisata yang indah, seperti berikut ini.

1. Taj Mahal

Destinasi yang satu ini seakan menjadi salah satu ikon dari negara India, dimana Taj Mahal adalah monumen yang sangat terkenal di negara India yang berada di Agra, India. Taj Mahal begitu populer, tercatat ada sekitar delapan juta wisatawan tiap tahunnya yang silih berganti untuk datang ke lokasi tersebut.

Menjadi daya tarik utama dari Taj Mahal yaitu sejarahnya. Taj Mahal merupakan bukti cinta seorang Raja Shah Jahan yang dipersembahkan kepada istrinya, Mumtaz Mahal. Bangunan tersebut membutuhkan waktu selama 22 tahun.

Berada di atas lahan dengan luas 22,4 hektar, bangunan Taj Mahal adalah kompleks istana yang dihiasi oleh berbagai ornamen seperti makan, air mancur serta kolam yang indah. Bangunan yang masuk 7 keajaiban dunia tersebut adalah destinasi wajib jika Anda berkunjung ke negara India.

2. Tungnath Temple

Berikutnya pindah ke Uttarakhand di negara India, disana terdapat destinasi indah yakni Tungnath, dimana Tungnath adalah candi Hindu paling tinggi di dunia yang berada di ketinggian 3600 meter. Secara harfiah Tunganath yang berarti Lord of the peak. Atau rajanya dari puncak tertinggi. Berada di lembah sungai dan pegunungan Mandakini dan Alaknanda.

Tungnath adalah kuil yang diperuntukan kepada Dewa Siwa, dan kuil ini pun berhubungan dengan legenda Pandawa yang merupakan pahlawan dari Mahabarata. Nah, apakah Anda penasaran dan ingin menikmati keindahan pegunungan es yang kental akan kebudayaan Hindu tersebut?

3. Kepulauan Andaman

Destinasi wisata berikut ini adalah destinasi wisata alam yang berada di Samudera Hindia. Kepulauan Andaman merupakan kepulauan lumayan luas dan mempunyai panorama pantai dan laut yang dapat disejajarkan oleh kawasan Maldives dan Karibia. Kepulauan Andaman mempunyai warna pantai begitu segar dan sangat jernih dan mampu memanjakan mata.

Lokasi ini tentu menjadi kawasan yang paling tepat untuk melakukan snorkeling atau diving. Terdapat fakta unik tentang kepulauan indah satu ini, ternyata posisi Kepulauan Andaman dengan negara Indonesia lumayan dekat. Di peta menunjukan letak Kepulauan Andaman dekat sekali oleh Sabang, Aceh. Jaraknya hanya terbentang 150 kilometer saja atau kurang lebih seperti sejauh antara kota Jakarta dan Bandung.

4. Hawa Mahal

Berikut ini merupakan salah satu bangunan yang terkenal di India. Hawa Mahal adalah monumen, istana, sekaligus observatorium yang berada di Jaipur. Bangunan satu ini dikenal dengan nama “Palace of Winds” yang memiliki arti istana angin sebab terdapat begitu banyak jendela yang membuat angin mudah masuk. Hawa di dalam bahasa Indonesia artinya juga angin.

Sebuah bangunan yang didirikan tahun 1799 ini begitu terkenal terutama di kalangan wisatawan mancanegara. Hal ini dikarenakan bangunan tersebut mempunyai desain arsitektur yang sangat mewah dan didominasi oleh warna pastel. Walaupun mempunyai tampilan luar yang begitu indah dan megah, ternyata bagian dalam pada bangunan tersebut juga tidak kalah bagus dan indah.

5. Amber Fort

Salah satu destinasi wisata yang seakan datang dari negeri dongeng yaitu Amber Fort yang letaknya juga di Jaipur. Sebuah bangunan yang fungsinya sebagai benteng megah dan didirikan oleh Raja Man Singh tersebut mempunyai taman serta pekarangan yang sangat indah, sebuah tempat ibadah seperti candi, interior yang unik hingga pintu masuk yang megah.

Para wisatawan yang mengunjungi Benteng Amber tersebut bisa menyaksikan langsung pemandangan yang mempesona dari pegunungan yang ada di sekelilingnya. Serta bisa menunggangi gajah yang ada pada pertunjukan disana.

Comments are closed.