Spot Wisata Gratis di Bali

Spot Wisata Gratis di Bali

Indonesia dikenal dengan beragam tempat wisatanya yang indah, baik pulau serta pantai bahkan kawasan pegunungan di negeri ini juga menjadi spot favorit pecinta alam. Dari sekian banyak destinasi wisata di Indonesia, Pulau Dewata Bali adalah yang paling disukai oleh semua orang termasuk para wisatawan mancanegara.

Bahkan jika Anda bertanya “apakah kamu tahu negara Indonesia?” wisatawan asing pasti akan menggelengkan kepalanya, namun apabila pertanyaan tersebut diubah “apa kamu tahu Pulau Bali?” sudah dapat dipastikan dengan percaya diri mereka akan menjawab “tentu saja, pulau itu sangat indah”.

Seperti yang Anda tahu jika Bali merupakan salah satu magnet pariwisata di negara kita, tidak hanya untuk wisatawan mancanegara tetapi juga wisatawan lokal. Bali memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Bahkan akan membuat Anda selalu ingin kembali lagi kesana. 

Wisata Gratis di Bali

Bila Anda memang memiliki rencana untuk berkunjung ke Bali dan ingin mengunjungi lokasi-lokasi yang tidak memerlukan biaya apapun. Silahkan cek daftar wisata di Pulau Dewata berikut ini :

  • Air Terjun Aling-Aling Buleleng

Objek wisata ini berada di Desa Sambangan, Sukasada, Buleleng. Tingginya kurang lebih 35 meter dan berada di antara dua sumber air yang letaknya berdampingan. Biasanya wisatawan datang ke Air Terjun Aling-Aling adalah mereka yang menyukai aktivitas outdoor.

Disana Anda dapat berendam maupun berenang, namun tetaplah bersikap waspada karena arus di Air Terjun Aling-Aling cukup kuat. Bila Anda tidak terlalu pandai berenang, ada baiknya ketika datang kesana mengajak teman atau saudara yang ahli berenang.

  • Pasih Uug

Kerusakan di alam terkadang malah menyisakan sesuatu yang cantik dipandang, inilah hal yang dapat Anda rasakan dan lihat ketika berkunjung ke Pantai Uug, Nusa Penida. Di sana Anda akan disuguhkan oleh pemandangan sebuah tebing nan tinggi dengan lubang besar tepat berada di tengahnya.

Lubang tersebut ada tentunya bukan karena manusia, namun disebabkan oleh fenomena alam. Apalagi jika Anda ingin menikmati indahnya suasana matahari terbenam, tempat wisata ini menjadi pilihan yang tepat. 

  • Anand Ashram Ubud

Apakah Anda menyukai kegiatan meditasi di alam terbuka? Jika iya, maka pilihan yang tepat untuk berkunjung ke Anand Ashram, letaknya berada di Jl. Sriwedari Km nomor 3, Ubud, Gianyar. Di tempat tersebut Anda akan dapat menikmati udara segar, suara kicau burung, suara serangga, gemericik air dan kesemuanya itu benar-benar bisa menenangkan jiwa serta menghilangkan penat.

  • Danau Tamblingan

Sebenarnya lokasi ini memang bukan tempat tujuan wisata dan lebih difungsikan untuk pelestarian alam. Karena jika berkunjung ke danau Tamblingan Anda tidak akan menemukan perahu modern dan lebih banyak perahu kayu dengan dayung.

Keindahan pemandangan di danau Tamblingan juga tidak kalah dengan danau-danau lain di Bali. Malahan karena bukan lokasi utama tujuan wisata dan belum mengalami pemugaran, kawasan ini memiliki pesonanya sendiri.

  • Lotus Lagoon

Seperti namanya Lotus Lagoon, merupakan danau yang di permukaannya ditutupi dengan ribuan tanaman teratai. Bisa bayangkan bagaimana ketika bunga-bunganya mekar? Pasti sangat indah. Danau ini berada di Candidasa, Karangasem, Bali.

Lokasi wisata ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai kegiatan photography, karena selain danau, di sana juga terdapat pura Candidasa yang berada di atas bukit, serta patung-patung kecil di sekelilingnya. Anda dapat menikmati pemandangan sambil berjalan-jalan atau menggunakan sepeda.

  • Pura Lempuyang

Bila Anda pernah mengunjungi Besakih, Taman Ayun dan Ulundatu. Tidak ada salahnya untuk datang ke Pura Lempuyang, dikenal sejak beberapa tahun lalu dengan gapuranya yang gagah hingga memiliki julukan The Gate of Heaven.

Banyak wisatawan yang menunjukan kekagumannya pada Pura Lempuyang, belum lagi keindahan dari bangunan serta alam sekitarnya. Pura terbesar dan terpenting di Bali ini berada pada ketinggian 1.175 mdpl.

Untuk sampai ke lokasi gerbangnya sendiri, Anda harus menaiki tangga yang jumlahnya cukup banyak. Namun, rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan pemandangan serta suasana di Pura Lempuyang ini. Walau sebenarnya untuk mencapai Pura utama, Anda harus mendaki terlebih dahulu ke Gunung Lempuyang.

  • Desa Bengkala Buleleng

Desa Bengkala Buleleng adalah salah satu destinasi wisata yang wajib Anda datangi. Desa ini memiliki ciri khas yang tidak akan dapat ditemukan pada desa-desa lain di kawasan Bali. Kenapa? Karena sebagian besar warga di sana merupakan penyandang tuli dan bisu.

Berada di Desa Bengkala akan memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda, di sana Anda bisa mempelajari banyak hal dan lagi bahasa isyarat yang mereka gunakan cukup berbeda, tidak seperti bahasa isyarat pada umumnya.

Bagaimana? Dari 7 (tujuh) lokasi yang direkomendasikan diatas, Anda tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata yang mana? Tenang, semua destinasi tersebut dapat dikunjungi secara gratis. Tidak ada biaya masuk sama sekali, jadi Anda bisa sedikit menghemat pengeluaran.

Comments are closed.