Spot Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bengkulu

Spot Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bengkulu

Sedang merencanakan liburan? Pernah terpikir untuk mengunjungi Bengkulu? Kalau belum, Anda lebih baik mulai untuk melihat-lihat wisata yang ada di sana. Bengkulu sendiri ternyata menyimpan banyak sekali lokasi yang sangat menarik dan juga indah. Provinsi yang terletak di Pulau Sumatera ini bisa menjadi pilihan destinasi liburan seru dan menyenangkan. Jika Anda ingin berkunjung ke Bengkulu, di bawah ini adalah rekomendasi spot wisatanya. 

Lokasi Wisata Bengkulu yang Wajib DiKunjungi 

Provinsi Bengkulu mempunyai banyak sekali spot wisata menarik dan indah, mulai dari wisata alam hingga sejarah. Anda pun akan terkagum dengan lokasi wisata yang ada di kota yang satu ini. Mana saja wisata yang bisa Anda kunjungi? Berikut ini adalah rekomendasinya: 

1. Rumah Pengasingan Presiden Soekarno 

Saat Bung Karno diasingkan di tahun 1938 hingga 1942, ia sempat tinggal di salah satu rumah milik orang Tionghoa yang bekerja untuk mensuplai sembako kepada pejabat dan orang Belanda kala itu. Rumah ini pun disewa oleh Belanda untuk dijadikan tempat pengasingan Presiden Pertama kita. 

Di rumah pengasingan inilah, Presiden Soekarno bertemu dengan Fatmawati yang juga penjahit bendera Merah Putih. Dalam rumah ini, Anda akan menemukan banyak sekali peninggalan dari Presiden Soekarno semasa dalam masa pengasingan. Mulai dari surat cinta yang ia berikan kepada Fatmawati, buku hingga sepeda kesayangan. 

Lokasi dari rumah ini adalah di Jalan Soekarno Hatta No. 8 dan buka mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Sedangkan untuk harga tiketnya sendiri sangatlah murah, yaitu 2.500 rupiah saja. Anda sudah bisa menikmati kenangan yang ditinggalkan oleh Bapak Kemerdekaan Indonesia. 

2. Pantai Panjang 

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam di Bengkulu, maka wajib sekali datang ke Pantai Panjang. Pantai yang satu ini letaknya sangat dekat dengan kota, dimana hanya membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit saja untuk menikmati keindahannya. Dengan pasir yang landai serta air yang jernih, Anda dipastikan tidak akan pernah bosan. 

Di Pantai Panjang, banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan. Misalnya adalah dengan berkeliling dengan sepeda, bermain di pinggir pantai, main volley ataupun hanya sekedar memandang keindahan yang disajikan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kuliner yang ada di sekitaran Pantai Panjang. 

3. Benteng Marlborough 

Satu lagi tempat bersejarah yang sangat menarik sekali untuk Anda kunjungi yaitu Benteng Marlborough. Benteng yang dibangun oleh EIC atau East India Company ini mempunyai bentuk yang sangat unik, yaitu seperti kura-kura. Butuh sekiranya 6 tahun untuk membangun benteng ini, yaitu dari 1713 hingga 1719. 

Pada tahun tersebut, benteng ini mempunyai peran yang sangat penting karena Bengkulu ada pusat monopoli penghasil rempah-rempah. Sehingga akan membantu distribusi rempah-rempah ke negara lain. Ketika Anda mengunjungi benteng ini, maka Anda akan melihat betapa hebatnya penjajah karena dapat membangun benteng yang kuat. 

Di lokasi ini Anda bisa berfoto dengan bebas dan melihat betapa luasnya benteng. Tidak heran, Benteng Marlborough mempunyai luas sekitar lebih dari 44 ribu meter persegi. Bisa dibayangkan seramai apa lokasi ini dulu ketika rempah-rempah banyak dicari. 

4. Pulau Tikus 

Jika Anda berkunjung ke Bengkulu, maka jangan sampai tidak mengunjungi Pulau Tikus. Pulau yang satu ini sendiri mempunyai luas 1,5 hektar saja. Cukup mungil untuk ukuran pulau, tapi Anda pasti akan terpesona dengan pemandangan yang tersaji. Apalagi dengan dikelilingi terumbu karang yang cantik. 

Pulau Tikus hingga sekarang masih ada karena terumbu-terumbu karang yang memang menjadi benteng alami. Sehingga Pulau Tikus tidak akan terdampak abrasi yang diakibatkan oleh ombak laut. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa menikmati snorkeling dan melihat langsung betapa cantiknya keindahan bawah laut. 

Apabila Anda ingin mengunjungi Pulau Tikus, maka harus menyewa kapal di Pantai Jakat. Kemudian perjalanan ke pulau ini sekitar 1 jam lamanya. Tapi, jika menyewa fast boat Pulau Baai, Anda akan sampai ke Pulau Tikus dalam waktu 40 menit.

Walaupun terumbu karang yang ada di pulau ini adalah benteng alami, tapi nyatanya semakin tahun pulau ini luasnya semakin sempit. Hal ini tidak lepas dari tangan manusia yang sering merusak terumbu karang dan menyebabkan pelindung Pulau Tikus semakin habis. 

Itulah beberapa spot wisata yang wajib Anda kunjungi jika ke Bengkulu. Bisa dilihat bahwa Provinsi Bengkulu memiliki banyak sekali tempat menarik dari mulai alam hingga sejarah. Tidak hanya itu saja, Bengkulu juga dikenal dengan makanan yang lezat. Jadi, bila Anda memiliki kesempatan ke kota ini, jangan lupa mampir ke lokasi wisata yang sudah disebutkan di atas.

Comments are closed.