Tips Solo Travelling yang Dikenal Ramah untuk Pemula

Tips Solo Travelling yang Dikenal Ramah untuk Pemula

Halo sobat traveler, solo traveling bukanlah suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Banyak diantara kalian semua yang sangat menginginkan perjalanan indah menikmati kesendirian dan kesunyian. Namun, tak jarang orang yang menganggap miris hal tersebut, katanya banyak yang bilang kalau solo traveling artinya kamu tidak memiliki teman? tidak memiliki keluarga? Bahkan tidak memiliki pacar? Duh, padahal hal itu bukan yang sebenarnya ya. Banyak orang yang memilih solo traveling dengan alasan karena ingin mendapatkan ketenangan batin sekaligus penghilang stress.

Sering kali berinteraksi dengan banyak orang membuat kamu merasa bosan hingga malas bercengkrama dengan orang lain untuk beberapa saat, kamu juga butuh istirahat dari keramaian yang sejatinya selalu hadir di hidupmu. Solo traveling akan memberikanmu kesunyian, kenyamanan dan kamu juga dapat melakukan segala sesuatu sesuai keinginan sendiri. Namun, saat kamu ingin melakukan solo traveling, kamu juga perlu memperhatikan beberapa tips dan cara agar perjalananmu lancar, selain itu terdapat tempat – tempat rekomendasi yang dikenal ramah bagi kamu solo traveling pemula. Wah, apa saja ya kira – kira tips dan tempatnya? Yuk simak penjelasan berikut. 

Tips Solo Traveling pemula

Hal yang paling utama dan pertama bagi kamu yang ingin melakukan solo traveling yaitu riset. Tidak boleh ada kata malas dan tidak boleh mempunyai mindset “gimana nanti aja”. mau tidak mau kamu harus melakukan riset ke tempat yang ingin kamu kunjungi. Ingatlah bahwa kamu akan melakukan perjalanan sendirian, riset ini bisa dijadikan sebagai gambaran mengenai tempat yang akan kamu kunjungi. Lalu apa saja sebenarnya yang perlu kamu riset? 

  • Riset Harga

Yang pertama, kamu perlu melakukan riset harga, kamu perlu tahu budget yang akan kamu keluarkan untuk perjalanan solo kamu ini berapa banyak. Dari mulai penginapan, transportasi, tiket pulang dan pergi, makanan hingga tiket masuk lokasi wisata. Kamu bisa mempersiapkannya lebih awal, lebih baik lagi jika kamu mencatat pengeluaran yang akan kamu keluarkan untuk sebuah perjalanan solo kamu ini. Saat ini kamu juga bisa mengaturnya dari rumah secara online. Kamu bisa memesan penginapan dari rumah, sewa kendaraan dari rumah hingga pesan tiket wisata dari rumah hanya dengan menggunakan aplikasi. Pastikan kamu menyesuaikan traveling solo kamu dengan isi dompet yang kamu punya, jangan sampai over budget. 

  • Riset Cuaca

Yang kedua, kamu harus melakukan riset cuaca. Kenapa sih kamu harus melakukan riset cuaca sebelumnya? Hal ini dilakukan agar kamu tidak dirugikan pada saat traveling. Pastikan kamu traveling pada saat cuaca sedang bagus. Misalnya ketika kamu ingin merasakan summer di Jepang maka kamu bisa mengambil perjalanan pada bulan juni sampai september atau jika kamu ingin merasakan salju di jepang, kamu bisa mengambil perjalanan traveling pada bulan desember dan seterusnya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mereset cuaca terlebih dahulu agar suasana traveling yang kamu inginkan sesuai dengan keinginanmu. 

  • Riset Destinasi

Yang ketiga yaitu riset destinasi, riset ini terbilang cukup mudah karena kamu bisa langsung searching di google mengenai destinasi-destinasi yang recommended, bisa dimulai dengan makanan khasnya, lokasi wisatanya serta keindahan – keindahan alamnya. 

Kota Yang Ramah Bagi Solo Traveling 

  • Bandung 

bagi kamu yang ingin melakukan solo traveling, kamu bisa memulainya dengan mengunjungi Kota Bandung. Di bandung banyak destinasi wisata yang tenang dan sunyi. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang tidak terlalu menyukai keramaian. Kamu bisa mencari penginapan yang menyatu dengan alam, banyak sekali penginapan yang menawarkan kesunyian di Bandung. Kamu bisa mencari penginapan di wilayah Ciwidey. Tempatnya yang asri, sejuk dan indah sangat cocok untuk kamu penyuka keasrian dan keindahan alam. Selain itu, kamu juga bisa menyusuri jalanan bandung yang iconic dan terkenal. Jika kamu berfoto di jalan itu, sudah pasti orang – orang mengetahui kalau kamu sedang berada di Bandung, tempat itu bernama alun – alun Kota Bandung dan jalan Asia-Afrika. 

  • Yogyakarta

Kota ini sangat terkenal dengan budaya jawanya yang kental dan tradisional. Saat kamu berkunjung ke Yogyakarta kamu akan disuguhi salah satu keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur dan Prambanan. Kamu bisa memulai solo traveling dengan mengunjungi kedua candi tersebut, kamu akan merasa takjub dengan salah satu keajaiban dunia tersebut. Di Yogyakarta juga banyak sekali penginapan yang murah meriah, hal inilah yang menjadikan Kota Yogyakarta diserbu para wisatawan. Kamu bisa mencari penginapan di sekitar jalan malioboro. Malam harinya kamu bisa berwisata malam mencari oleh – oleh khas Jogja di sekitar jalan Malioboro lalu pulang ke penginapan tanpa perlu mengeluarkan ongkos transportasi menuju lokasi penginapan yang jauh. 

Nah, itulah tips dan lokasi yang ramah bagi kamu solo traveling pemula. Saat kamu ingin melakukan perjalanan, pastikan semua kebutuhan tercukupi dan semua barang – barangmu terbawa, selain itu jangan lupa untuk berdoa agar kamu selamat sampai tujuan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. 

 

Comments are closed.