Tips Traveling Saat New Normal

Tips Traveling Saat New Normal

Akibat banyaknya kasus penularan virus Covid 19 membuat beberapa wilayah di Indonesia terpaksa melakukan lockdown. Akibatnya banyak tempat mulai dari kantor, sekolah, pusat perbelanjaan dipaksa untuk tutup dan kita dibatasi untuk beraktifitas di luar rumah. Seiring berjalannya waktu, untuk menjalankan roda ekonomi pemerintah mulai melakukan fase transisi yang biasa kita sebut dengan fase new normal.

Di fase new normal ini sejumlah sektor mulai dari perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga sektor pariwisata mulai dibuka. Di Beberapa tempat di Indonesia objek wisata sudah diberi izin untuk buka namun dengan standar kesehatan yang wajib dipatuhi. Tentu ini kabar baik bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin liburan dengan mengunjungi objek wisata di sekitar Anda.

tips-traveling-new-normal

Bagi Anda yang ingin liburan seperti melakukan traveling, ada beberapa tips yang akan kami bagikan supaya liburan Anda lebih aman dan tentunya nyaman sehingga Anda tidak merugikan diri sendiri maupun merugikan orang lain. Langsung saja, berikut ini tips aman berlibur ketika new normal.

1. Mempersiapkan dokumen bukti sehat

Seperti yang kita ketahui sekarang, setiap orang yang hendak melakukan perjalanan ke luar kota atau daerah wajib memiliki surat tAnda sehat dan bebas dari virus Covid 19. Salah satu dokumen yang wajib Anda miliki jika ingin melakukan traveling ke luar daerah yaitu surat keterangan swab atau hasil rapid test yang menyatakan Anda negatif terkena virus Covid 19.

2. Melakukan traveling ke zona hijau

Anda juga wajib tau lokasi yang ingin Anda tuju apakah termasuk zona hijau atau zona rawan Covid. Untuk menghindari penyebaran virus Covid 19 sebaiknya ada memilih destinasi aman alias zona hijau. Dengan begitu Anda dapat melakukan kegiatan liburan dengan aman dan nyaman.

3. Menggunakan kendaraan pribadi

Jika tujuan traveling Anda bisa dilalui dengan transportasi darat dan jaraknya tidak terlalu jauh, ada baiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi sehingga akan lebih terjamin kebersihannya dan bisa menghindari kerumunan banyak orang yang dimana disitu bisa menjadi tempat penyebaran virus Covid 19.

4. Menyiapkan kebutuhan pribadi yang lengkap

Untuk menghindari penularan virus Covid 19 melalui benda benda disekitar, Anda sebaiknya menyiapkan keperluan pribadi sebaik mungkin. Supaya Anda tidak menggunakan barang orang lain atau barang umum yang Anda sendiri tidak tahu kebersihannya. Seperti peralatan makan, sabun cuci, handuk, sAndal, dan barang barang lainnya.

5. Mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkanĀ 

Di fase new normal ini sejumlah tempat wisata akan memberlakukan sejumlah protokol kesehatan yang wajib untuk Anda ikuti. sebagai contoh memakai masker, mencuci tangan terlebih dahulu, melalui pos pemeriksaan kesehatan dan lainnya. Objek wisata yang baik akan memiliki protokol kesehatan yang baik juga sehingga pengunjung bisa lebih aman dan nyaman dalam menikmati liburannya.

tips-traveling-saat-covid

6. Tidak terlalu sering berada di kerumunan banyak orang

Berlibur ditempat wisata, tentu Anda akan bertemu dengan banyak orang dalam satu tempat. Untuk menghindari tertular virus Covid 19, sebaiknya Anda memilih objek wisata yang tidak terlalu ramai atau memilih spot beristirahat yang cukup sepi. Selain untuk memberikan Anda ketenangan menghindari kerumunan banyak orang, Anda dapat terhindar dari penyebaran virus Covid 19.

7. Menjaga kesehatan selama traveling

Hal ini sangat penting Anda perhatikan agar tubuh Anda tidak mudah terkena virus baik itu Covid 19 atau virus virus lain nya. Pastikan Anda dalam keadaan yang fit saat melakukan traveling.

Itulah beberapa tips traveling aman di saat masa new normal sekarang ini, dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada, Anda bisa menikmati liburan dengan lebih aman dan nyaman.

Comments are closed.