5 Daftar Negara yang Bisa Dikunjungi Oleh WNI

5 Daftar Negara yang Bisa Dikunjungi Oleh WNI

Di tengah masa pandemi Covid 19 sekarang memang beberapa negara masih membatasi untuk beberapa pelancong asing untuk masuk ke negaranya. Tapi, melihat perkembangannya sekarang mulai banyak beberapa negara sudah membuka perbatasan, khususnya untuk WNI yang ingin bepergian atau melancong ke luar negeri. 

Tapi, memang ada beberapa negara yang mempunyai beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum masuk ke negaranya. Misal, Indonesia sedang merencanakan dan berusaha membuka perbatasan, namun ada beberapa persyaratannya, salah satunya harus vaksin dan sebagainya. Nah, negara mana saja yang sudah buka perbatasan? Simak yuk.

Daftar Negara Bisa Dikunjungi

1. Thailand 

Negara pertama yang bisa Anda kunjungi untuk berwisata setelah terlalu lama berada dalam rumah dan ingin merasakan sensasi ke luar negeri, mungkin Anda bisa berkunjung ke Thailand. Bagian dari Asean ini telah memberlakukan kebijakan tersebut sejak 01 Juli 2021 kemarin, mekanisme yang dilakukan dengan ketentuan yang ada dan melihat keadaan lapangan. 

Terpenting jika Anda ingin berwisata sudah divaksin dan hanya ada beberapa tempat wisata saja yang diperbolehkan untuk dikunjungi, diantaranya ada Koh Tao, Khao Lak, Koh Phangan, Koh Samui, Phuket, dan beberapa wilayah lainnya. Hal ini mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang ingin bepergian. 

Namun,Pemerintah Thailand menentukan turis yang sudah vaksin, karena hanya bisa menerima beberapa vaksin saja yang diperbolehkan untuk berkunjung. Mulai dari AstraZeneca, Pfizer, Moderna, Sinovac, Sinopharm, dan beberapa vaksin jenis lainnya yang ada. 

2. Singapura

Sebagai bagian dari negara bisnis, rasanya Singapura paling terkena dampak yang paling besar dan signifikan akibat penyebaran kasus Covid 19 tersebut. Melihat keadaan yang semakin terpuruk, Pemerintah Singapura mencoba berbagai kebijakan agar semuanya dapat berjalan dan bisa berjalan beriringan untuk mempertahankan keadaan yang ada. 

Salah satu kebijakan yang bisa dilakukan apabila ingin pergi ke Singapura dengan memperhatikan skema Vaccinated Travel Lanes. Ada beberapa daftar negara yang sudah diperbolehkan untuk dikunjungi, terpenting sebelum berkunjung kesana harus mempunyai Air Travel Pass. dengan demikian, baru bisa memasuki perbatasan negara tersebut. 

Untuk warga Indonesia yang ingin pergi ke Singapura memang masih ada pembatasan dan tidak bisa menyeluruh, karena masih ada Reciprocal Green Lane (RGL).Dengan demikian, perkembangannya masih terus berubah dan harus melihat keadaan yang ada, sehingga dalam hal ini kesehatan masih menjadi prioritas utama. 

3. Argentina 

Negara berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Argentina, bagian dari Amerika Selatan satu ini termasuk yang paling mudah dan tidak ada persyaratan yang rumit jika ingin pergi kesana. Tepat 01 November 2021 kemarin, Argentina memberlakukan kebijakan dan siap menyambut turis asing yang ingin berkunjung atau berliburan dinegaranya tersebut. 

Adapun persyaratan yang dibutuhkan pun tidak begitu rumit, salah satunya Anda sudah melakukan vaksin dan tidak ada aturan karantina apabila sudah dua kali vaksin. Lalu, hasil PCR terhitung 72 jam mendapatkan hasil negatif sebelum melakukan keberangkatan. Dan, untuk kebijakan antigen harus hari ketujuh setelah tiba di Argentina. 

Rasanya ini salah satu negara yang memberikan kebijakan yang tidak begitu sulit, sehingga bisa menjadi tujuan yang bisa Anda kunjungi untuk melancong. 

4. Chile 

Berbatasan langsung dengan Argentina, Chile memberikan kebijakan yang sama dengan negara tetangganya tersebut. Mengenai persyaratan dan ketentuan yang diberikan relatif ringan, karena hanya menunjukan hasil tes Covid 19 selama 72 jam dan melakukan masa karantina selama 5 hari sesuai dengan pilihan akomodasinya. 

Selanjutnya, terpenting Anda juga harus sudah memperlihatkan bukti vaksin. Karena apabila Anda tidak mempunyai surat vaksin akan dilarang untuk masuk ke Chile. Beberapa kebijakan memang tetap ada, tapi melihat dari berbagai status dan ketentuan dari negara lainnya, Chile termasuk yang paling mudah untuk Anda kunjungi selama masa pandemi ini. 

5. Uni Emirat Arab 

Ibukota negara Abu Dhabi ini telah memberlakukan pembukaan perbatasan sejak 05 September kemarin. Jika Anda ingin melancong kesana harus memenuhi berbagai persyaratan yang harus dilakukan, salah satunya harus sudah melakukan vaksin lengkap dan tidak akan ada lagi kewajiban untuk melakukan karantina. 

Apabila wilayah atau zona negara yang ada masuk dalam status hijau juga tidak diwajibkan untuk melakukan karantina. Beberapa negara yang mempunyai status hijau adalah Australia, Indonesia, Albania, Belgia, Kanada, Denmark, Perancis, Jerman, Hong Kong, Jepang, Italia, Maladewa, dan Selandia Baru. 

Dengan beberapa persyaratan tersebut, rasanya Anda bisa langsung berkunjung ke Uni Emirat Arab dan melihat keindahan kota di tengah gurun timur tengah tersebut. 

 

Bagaimana tertarik untuk pergi melancong dan menikmati udara negara lainnya selama pandemi ini? Terpenting harus benar-benar dipersiapkan dan pertimbangkan dengan matang agar tidak menjadi permasalahan kemudian hari, semoga pandemi cepat selesai dan bisa berkunjung dengan normal kembali.

Comments are closed.