Apa Itu Travel Blogger? Kerja Tapi Jalan-Jalan

Apa Itu Travel Blogger? Kerja Tapi Jalan-Jalan

Apakah kamu tertarik menjadi seorang travel blogger? Kamu bisa bekerja tetapi bisa jalan-jalan juga, bahkan bisa menghasilkan uang. Sangat menarik bukan?

Di era serba canggih saat ini, terdapat berbagai pekerjaan yang bisa kamu coba salah satunya travel blogger. Apalagi jika kamu memiliki bakat menulis, pasti kamu bisa melakukannya dengan mudah. Bagi kamu yang tertarik namun masih bingung, tenang saja karena artikel ini akan membahas mengenai travel blogger. Yuk disimak!

Pengertian Travel Blogger

Sebelum menjadi travel blogger, kamu harus pahami dahulu jenis pekerjaan ini. Jadi, travel blogger adalah suatu pekerjaan yang dilakukan seseorang dengan cara membuat tulisan tentang perjalanannya. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki bakat menulis dan hobi traveling. 

Setiap mempublikasikan tulisan, penghasilan yang didapat bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta. Maka dari itu, banyak sekali orang yang tertarik dengan pekerjaan ini karena peluangnya yang menjanjikan. 

 

Tips Menjadi Travel Blogger

  • Menentukan Platform Blog yang Digunakan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan platform blog yang akan digunakan. Terdapat berbagai macam platform yang bisa kamu pilih seperti WordPress, Blogger, Joomla, Wix, Medium, serta Drupal. Bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa gunakan WordPress sebab sudah banyak orang yang menggunakan platform tersebut. WordPress bahkan sudah digunakan hampir 35% pengguna CMS (Content Management System). Selain itu, WordPress berhasil menguasai market share CMS lebih dari 60%. 

  • Membuat Nama Domain

Setelah menentukan jenis platform, tips selanjutnya adalah membuat nama domain untuk blog kamu. Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat nama domain yaitu :

  • Mudah untuk diingat, kamu bisa membuat nama domain yang singkat, jelas, padat, dan mudah untuk ditulis maupun diucapkan.
  • Menggunakan keyword, kamu bisa gunakan keyword yang berhubungan dengan topik yang akan kamu bahas. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan branding pada blog kamu.
  • Menghindari penggunaan simbol ataupun tanda penghubung, agar domain kamu mudah terbaca kamu harus menghindari penggunaan simbol. Selain itu, penggunaan simbol juga dianggap sebagai spam.
  • Menggunakan TLD (Top Level Domain), hal ini dapat membantu blog kamu terlihat lebih relevan dan profesional. Kamu bisa menggunakan ekstensi domain yang akhirannya .com.
  • Memilih Layanan Web Hosting

Langkah selanjutnya adalah memilih layanan web hosting yang akan digunakan. Web hosting memiliki fungsi sebagai penyimpan data di blog kamu. Kamu bisa memilih web hosting yang berkapasitas besar maupun kapasitas kecil. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

  • Konsisten

Kunci utama kesuksesan adalah konsisten. Jika kamu ingin menjadi travel blogger yang sukses, kamu harus membuat konten secara konsisten. Sebab semakin banyak konten yang kamu buat, maka semakin banyak pula pengunjung website kamu. Saat pengunjung website sudah banyak, kamu juga bisa memasang iklan melalui google ads, program afiliasi, sponsorship, dan sebagainya. 

  • Mengoptimalkan Penggunaan SEO

Saat menjadi travel blogger, kamu harus mengetahui cara penggunaan SEO (Search Engine Optimization). Jika blog yang kamu buat sudah sesuai dengan prinsip SEO, maka blog kamu mempunyai peluang untuk ditampilkan di mesin pencarian teratas. Terdapat tiga jenis SEO yang dapat kamu terapkan yaitu :

  • SEO On Page, merupakan jenis optimasi yang berkaitan dengan konten yang ada di website. Contohnya seperti pengoptimalan judul, gambar, serta tag HTML. 
  • Teknikal SEO, adalah jenis optimasi yang memfokuskan pada aspek-aspek teknis yang ada di website. 
  • SEO Off Site, merupakan jenis optimasi yang dilakukan dari luar website. Contohnya seperti link building, customer review, dan lain-lain.

Keuntungan Menjadi Travel Blogger

  • Bisa Jalan-Jalan Setiap Hari

Sesuai dengan namanya yaitu travel blogger, kamu bisa menjelajahi tempat-tempat baru dan bertemu dengan orang-orang baru. Jika kamu seorang traveller, pastinya pekerjaan ini akan terasa menyenangkan bagi kamu.

  • Dapat Menyalurkan Bakat Menulis

Selain bisa berbagi pengalaman, menjadi travel blogger juga bisa menyalurkan bakat menulis kamu. Kamu bisa memberikan informasi mengenai tempat-tempat yang kamu kunjungi dan menceritakan setiap perjalanannya.

  • Bisa Menjadi Portofolio

Saat kamu melamar pekerjaan menjadi seorang penulis, kamu bisa menyertakan link blog kamu dalam portofolio sebagai bukti. Selain itu, dengan menyertakan link blog personal branding kamu akan meningkat. Dengan begitu, peluang untuk diterima semakin besar.

  • Bisa Menghasilkan Uang

Memiliki konten blog yang bagus dan menarik serta tidak plagiasi dapat membuat blog kamu banyak dikunjungi oleh orang-orang. Dengan begitu, blog kamu akan populer di mesin pencarian dan bisa membuka peluang untuk menghasilkan uang. Contohnya seperti menjual merchandise blog, memasang iklan, dan lain sebagainya. 

  • Menjadi Terkenal

Keuntungan menjadi travel blogger selanjutnya adalah bisa membuat kamu terkenal. Salah satu contohnya seperti Trinity Traveller yang memulai langkahnya menjadi travel blogger kemudian menjadi public figure. Jika konten yang kamu buat bagus dan menarik, kamu bisa berpotensi untuk menjadi terkenal. Sangat menarik bukan?

Comments are closed.