Australia Sudah Buka Turis Asing

Australia Sudah Buka Turis Asing

Kabar baik bagi Anda yang ingin berkunjung ke Australia, karena mereka telah membuka kesempatan untuk WNI yang memiliki keinginan datang ke Perth atau wilayah sekitarnya. Jadi, bagi Anda yang mempunyai saudara disana dan ingin bertemu, memanfaatkan peluang ini agar dapat melepas rindu.

Namun, sudah pasti Anda harus memenuhi segala protokol kesehatan dan persyaratan serta ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah Australia. Berikut dibawah ini adalah semua informasi yang bisa diperoleh terkait hal tersebut :

Kapan wisatawan bisa mengunjungi Australia?

Bagi para pemegang visa dan telah menerima vaksin lengkap termasuk bagi yang memegang visa turis. Pemerintah per 21 Februari 2022 telah mengizinkan kepada WNI untuk masuk ke negaranya. Jumlahnya memang masih dibatasi dan tergantung dengan ketentuan dan persyaratan karantina di masing-masing teritori atau negara bagian.

Untuk warga Australia yang selama ini tidak bisa masuk atau mudik ke negaranya, pemerintah sudah memperbolehkan mereka untuk kembali selama sudah mendapatkan vaksin lengkap dan memegang visa. Ini juga berlaku bagi Anda yang ingin mengunjungi anggota keluarga disana.

Apakah Australia Barat terbuka untuk turis?

Bagi pelancong yang ingin masuk ke Australia Barat sudah mulai dibuka sejak 9 februari 2022 lalu. Hanya saja memang WA memiliki batas untuk wisatawan akan datang, yaitu 530 orang setiap minggunya. Selain itu juga harus melengkapi dokumen tertentu seperti G2G Pass dan wajib menjalankan karantina juga melakukan tes covid 19.

Apakah wisatawan harus vaksin COVID-19 agar dapat berkunjung ke Australia?

Pada seluruh kedatangan internasional menuju Australia termasuk untuk para wisatawan, wajib sudah vaksin lengkap (2 kali dan booster). Kecuali jika Anda mempunyai catatan medis khusus yang menjelaskan bila memang tidak bisa mendapatkan vaksin.

Pemerintah federal Australia mendefinisikan untuk vaksinasi lengkap dengan dua dosis dan ada beberapa jenis vaksin yang memang menjadi standar bagi Anda yang mau datang ke Australia. Pihak mereka tetap mengijinkan Anda datang walaupun belum melakukan vaksin booster.

Tetapi pemerintah bagian Victoria, yaitu wilayah lain dari Australia meminta atau mempunyai peraturan yang berbeda. Yaitu, mewajibkan para pelancong yang akan masuk ke daerah Victoria sudah memperoleh vaksin 2x dan juga booster. Bahkan ada bagian lain dari wilayah Australia yang baru akan mengizinkan turis masuk, jika sudah mendapatkan vaksin secara penuh.

Apakah bisa masuk ke Australia, bila tidak vaksin?

Bagi Anda yang ingin berwisata atau mengunjungi keluarga di Australia dan belum atau tidak bisa menerima vaksin karena satu dan lain hal, maka harus bisa memberikan bukti dari pihak rumah sakit di Indonesia penyebab Anda tidak dapat vaksin.

Anda juga harus membuat surat permohonan yang ditujukan kepada pihak kedubes Australia agar dapat memasuki negara tersebut dengan kondisi Anda saat ini. Bila mereka memberikan izin, maka nantinya Anda harus menjalankan prosedur karantina terlebih dahulu begitu tiba di Australia.

Jenis vaksin yang diakui oleh Australia

Setiap orang yang ingin masuk ke Negara Australia akan dianggap telah tervaksin secara lengkap apabila telah sudah menerima jenis vaksin yang diakui oleh TGA dan juga campuran dari dua dosis, jadi pastikan Anda telah menerima jenis vaksin seperti berikut ini :

  • Sinovac Coronavac
  • AstraZeneca Vaxzevria
  • Pfizer atau Biontech Comirnaty
  • AstraZeneca Covishield
  • Takeda atau Moderna Spikevax¬†
  • Bharat Biotech Covaxin
  • Sinopharm BBIBP-CorV, vaksin ini diperuntukan bagi mereka yang memiliki usia 60 tahun ke bawah saat tiba di Australia.
  • Biocelect Nuvaxovid atau Novavax
  • Janssen-Cilag atau Johnson & Johnson

Dimana untuk dosis yang terakhir yang dibutuhkan untuk vaksin lengkap haruslah sudah diterima kurang lebih 7 (tujuh) hari sebelumnya, artinya seminggu sebelum Anda memasuki Australia. Anda juga harus bisa menunjukkan ICVC yang merupakan sertifikat internasional ke petugas atau staf penerbangan.

Persyaratan untuk masuk ke Australia

Berikut dibawah ini adalah peraturan bagi Anda yang ingin keluar negeri dan wajib diketahui :

  1. Wajib mematuhi ketentuan serta persyaratan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pihak Pemerintah.
  2. Wajib menunjukkan sertifikat atau kartu (fisik dan digital) bahwa Anda sudah mendapatkan vaksin COVID-19 dalam dosis lengkap setidaknya tujuh hari (seminggu) sebelum melakukan perjalanan.
  3. Bagi para pelaku perjalanan diharapkan dapat menunjukkan hasil tes RT PCR yang negatif dari wilayah asal dan sampelnya diambil setidaknya dua hari sebelum berangkat. Selain itu harus melampirkan hasil pemeriksaan kesehatan (e-HAC).

Selain itu bila Anda ingin melakukan perjalanan keluar negeri, sementara hanya bisa melalui tiga bandar udara yang telah ditunjuk oleh pemerintah, yaitu :

  • Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali
  • Bandara Hang Nadim di Batam
  • Bandara Raja H. Fisabilillah di Tanjung Pinang.¬†

Demikianlah informasi mengenai Negara Australia yang saat ini walaupun terbatas, namun sudah memperbolehkan para wisatawan atau warganya yang ada di Indonesia untuk memasuki negaranya. Tetapi tetap dengan ketentuan dan syarat yang harus dipatuhi.

Comments are closed.