Bijak dan Disiplin Memakai Pay Later untuk Membiayai Liburan

Bijak dan Disiplin Memakai Pay Later untuk Membiayai Liburan

Salah satu cara untuk menghilangkan penat dari segala rutinitas adalah liburan. Meluangkan waktu untuk liburan meskipun hanya sehari dua hari, itu sudah cukup membuat kita merasa lebih baik. 

Sayangnya, liburan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari harus tertunda karena beberapa hal. Dan kendala yang paling sering terjadi yaitu terkait uang. Terkadang kita sudah mengalokasikan uang untuk liburan tapi terpaksa dialihkan untuk  kebutuhan yang mendesak. Akhirnya kita harus menunggu sampai uang terkumpul lagi. 

Keresahan itu akhirnya teratasi dengan kehadiran fitur pay later. Sebuah inovasi yang memudahkan kita untuk tetap bisa bertransaksi dengan sistem bayar belakangan maupun secara angsuran. Dan salah satu yang menyediakan fitur itu adalah pihak Traveloka. 

Sejak kemunculannya pada Mei 2018, Traveloka pay later berhasil menarik perhatian masyarakat terutama para traveler. Terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan Traveloka pay later, antara lain :

  • Banyak promo menarik dari penukaran poin seperti diskon hotel & pesawat
  • Pengajuan lebih mudah dan prosesnya cepat, hanya melalui smartphone 
  • Bunga relatif rendah mulai dari 2,1% sampai 4,7%
  • Batas limit kredit bisa sampai 50 juta 

Lakukan Hal Ini untuk Berlibur menggunakan Pay Later

Memang banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dari sistem pay later. Tapi perlu diingat bahwa penggunaannya harus dilakukan dengan bijak. Jangan sampai kita terjebak dalam utang yang membengkak dan membuat kondisi keuangan tidak sehat. Caranya bagaimana ? Simak tips dari kami tentang pemakaian pay later secara bijak di bawah ini. 

  • Pahami Ketentuan Fitur Pay Later

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mencari tahu bagaimana skema pay later yang akan digunakan. Mulai dari cara mendaftranya hingga ketentuan pembayaran cicilan. 

Dalam sistem pay later, kamu bisa membayar tagihan pada bulan depannya tanpa dikenakan beban bunga. Selain itu, kamu juga akan diberikan pilihan masa tenor untuk membayar tagihan yaitu selama 3, 6, dan 12 bulan. 

Pada Traveloka pay later misalnya, untuk menikmati fasilitas bayar bulan depan kamu harus bertransaksi minimal 50 ribu rupiah. Sedangkan untuk pembayaran cicilan minimal transaksi 500 ribu rupiah. Nah, pada umumnya setiap pembayaran kredit atau pinjaman pasti akan dikenakan denda jika terlambat membayar. Traveloka pay later mengenakan denda sebesar 5% atas keterlambatan pembayaran.

Bijak dan Disiplin Memakai Pay Later untuk Membiayai Liburan

  • Gunakan Promo 

Keuntungan menggunakan fasilitas pay later yaitu adanya berbagai penawaran promo menarik. Maka dari itu, manfaatkanlah keuntungan terebut agar kamu bisa lebih menghemat biaya berlibur. Misalnya promo cashback points, diskon hotel dan pesawat, cicilan 0% dan lain sebagainya. 

Terkadang pada hari atau tanggal tertentu, banyak yang menawarkan promo-promo menarik. Kesempatan itu jangan sampai terlewat karena sangat mungkin untuk mendapatkan cashback maupun potongan harga lebih dari 50% ! 

  • Bayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Jangan terfokus pada rendahnya denda yang dikenakan jika ada keterlambatan pembayaran. Semakin kamu menunda untuk melunasi tagihan maka utang tersebut akan terus menumpuk dan justru membuatmu kewalahan melunasinya. 

Untuk itu, usahakan membayar tagihan pay later secara tepat waktu atau sebelum jatuh tempo tiba. Hal tersebut tentu bisa meringankan bebanmu di bulan-bulan berikutnya. 

  • Buatlah Batasan Maksimal Pemakaian

Besarnya limit kredit yang kamu dapatkan, bukan berarti harus dihabiskan semua untuk berbelanja. Buatlah batasan maksimal berapa besar yang dipakai untuk belanja dari limit kredit yang diperoleh. Misalkan, kamu mendapatkan limit sebesar 30 juta, buat batasan 50%. Jadi, jika nantinya kamu sudah memakai pay later sampai 15 juta maka artinya saat itu juga kamu harus mulai berhenti. 

Batasan tersebut digunakan agar kamu bisa melunasi tagihan-tagihan sebelumnya. Dan pastinya untuk membantumu agar lebih menghemat keuangan. Buat apa menghilangkan penat dengan berlibur tapi kamu terbebani oleh banyaknya tagihan ? Jadi, pastikan untuk tidak melewati batas yang sudah kamu tentukan, ya !

  • Pilihlah Masa Tenor Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Sebelum menggunakan sistem pembayaran pay later, perhitungkan dulu pengeluaran setiap bulannya. Dengan begitu, kamu akan mengetahui bagaimana kemampuanmu dalam membayar cicilan. 

Baru kemudian kamu bisa memilih masa tenor yang tersedia sesuai dengan kemampuan finansialmu. Dan untuk berlibur, sebaiknya pilih masa tenor 6 bulan. Karena biasanya selain lebih cepat terselesaikan,  tagihan tidak terlalu besar untuk jangka waktu 6 bulan. Beban utang pun tidak begitu terasa dan kamu bisa merencanakan liburan lagi setelahnya. 

Itulah tadi kelima tips agar kamu bisa lebih bijak dan disiplin dalam memakai pay later untuk liburan. Tidak ada salahnya memang kita menggunakan pay later untuk berbelanja maupun berlibur tapi jangan lupa agar tidak berlebihan dalam penggunaannya. 

Comments are closed.