Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan contoh kegiatan favorit banyak orang, baik laki laki maupun perempuan. Karena semakin banyak orang yang menikmati kegiatan tersebut, tidak heran apabila acara pendakian gunung dan kegiatan pendakian gunung bersama diadakan hampir setiap akhir pekan. Saat ini, tidak sulit untuk memahami mengapa banyak orang yang memutuskan untuk mendaki gunung daripada kegiatan liburan yang populer lainnya. Selain dianggap keren, mendaki gunung sudah terbukti bisa mengurangi stres dan menyehatkan fisik. Tapi perlu diingat bahwa Anda perlu melakukan beberapa persiapan sebelum mendaki. Yang mana mereka? Ada tujuh persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum mendaki gunung.

1. Siapkan tubuh dan daya tahan tubuh Anda 

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum mulai mendaki adalah memastikan bahwa Anda terlibat dalam jenis latihan pra-gunung yang penting setidaknya 2 minggu sebelum aktivitas pendakian Anda. Salah satu kegiatan mempersiapkan fisik yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan jogging dengan rutin. Namun, jika Anda hanya bisa jogging selama 10 hingga 15 menit, jangan berlebihan. Namun, lakukan  secara rutin. Ingatlah bahwa ada perbedaan besar antara berolahraga secara fisik dan tidak berolahraga sama sekali. Ini berarti otot-otot kaki  lebih fleksibel dan tidak mudah kram. Selain itu, berolahraga setidaknya dua minggu sebelum pendakian akan meningkatkan stamina Anda di hari pendakian. 

2. Periksa apakah informasi status gunung terbuka atau tertutup untuk pendakian gunung 

Selanjutnya, setelah memastikan Anda siap secara fisik, Anda perlu memastikan bahwa tujuan gunung yang ingin Anda daki saat ini terbuka atau tertutup untuk pendakian. Sejumlah besar gunung ditutup secara teratur dan pendakian tidak diizinkan karena berbagai alasan seperti kebakaran hutan, peristiwa cuaca ekstrem, tanah longsor, peningkatan aktivitas dan letusan gunung berapi, dan pemulihan ekosistem. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui informasi terbaru tentang pembukaan dan penutupan rute pendakian gunung  sebelum Anda pergi ke arah puncak pendakian gunung.

3. Mengetahui jalur dan kesulitan mendaki gunung 

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan sebelum mendaki gunung yaitu mencari informasi tentang panjang jalur pendakian serta tingkat kesulitan pendakian untuk menentukan tujuan pendakian. Anda diwajibkan untuk mendapatkan peta jalur pendakian untuk mendaki. Anda bisa mendapatkan peta dari beranda taman nasional atau administrasi gunung, atau Anda bisa  langsung ke kantor administrasi. Anda harus mengingat bahwa setiap gunung memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Jika Anda masih pemula, sangat tidak disarankan untuk memilih  jalur pegunungan yang panjang dan sulit. Karena menguras tenaga dan dapat menjadi masalah bagi tim saat mendaki.

4. Siapkan perlengkapan dan perlengkapan pendakian 

Peralatan dan perlengkapan mempunyai fokus yang unik pada kegiatan di luar ruangan. Bahkan selama pelatihan dasar di komunitas Nature Friends, Anda harus memeriksa peralatan Anda sebelum Dixer berangkat. Jika calon peserta Dixer tidak membawa alat yang diperlukan, biasanya akan dikenakan sanksi disiplin berat. Ini menunjukkan betapa pentingnya persiapan perlengkapan untuk kegiatan di luar ruangan. Perlengkapan pendakian gunung termasuk sepatu boot mendaki, jaket tebal, pakaian mendaki, tempat tidur dan pakaian cadangan, tenda, petunjuk arah seperti kompas, peta pendakian, salinan kartu identitas dalam wadah plastik atau tahan air,  dan kotak P3K. Kini Anda dapat menyewa perlengkapan mendaki gunung di toko persewaan perlengkapan outdoor di sekitar rumah atau tempat tujuan Anda, sehingga Anda tidak perlu takut apabila belum membeli perlengkapan atau perlengkapan tertentu. Beberapa hari sebelum keberangkatan, Anda perlu memastikan bahwa peralatan yang diperlukan tersedia di stasiun persewaan.

5. Persiapkan kebutuhan logistik atau supply Anda 

Sangat penting untuk menghitung dan mempersiapkan keperluan logistik atau pasokan Anda dengan cermat. Pastikan cadangan logistik makanan yang Anda bawa benar-benar mencukupi dan pilih jenis makanan yang cukup untuk menggantikan kalori yang terbakar. Sebelum membeli perbekalan, hitung kebutuhan sembako dengan menghitung jumlah kaleng atau porsi per orang, jumlah makanan, dan jumlah pendaki. Anda juga dapat menyiapkan bahan cadangan jika terjadi keadaan darurat dan membaginya dengan pendaki lain guna menambah relasi baru. Ini juga memudahkan untuk menemukan sumber air  dalam perjalanan setapak dan menghitung jumlah air yang perlu Anda persiapkan sebelum mulai mendaki. Membawa air di ransel atau tandu terasa berat, namun percayalah Anda sangat membutuhkannya saat mendaki. Jangan ragu untuk minum supaya Anda tidak dehidrasi.

6. Buat rencana darurat 

Setelah  mempersiapkan semua hal di atas untuk mendaki gunung, ada hal lain yang sangat perlu dipersiapkan dengan baik terkait dengan penanganan kondisi darurat saat situasi ini terjadi. Mulailah dengan berbicara dengan setidaknya salah satu teman Anda yang tidak bepergian dengan Anda tentang rencana perjalanan Anda dan menugaskan orang itu ke “tim Basecamp” Anda.

Comments are closed.