Inilah Modal yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Tour Guide

Inilah Modal yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Tour Guide

Berwisata ke suatu tempat bisa dilakukan dengan memakai biro perjalanan atau bisa juga melakukannya tanpa bantuan biro perjalanan. Kedua hal tersebut mempunyai karakteristik berbeda, terutama di bidang teknis.

Apabila berwisata mandiri, tentu seseorang tidak akan ditemani oleh tour guide. Umumnya tour guide hanya bisa didapatkan dari fasilitas sebuah tour travel. Sehingga dengan otomatis apabila seseorang memilih paket wisata sebuah biro perjalanan, tentu tour guide sudah termasuk di dalamnya.

Menguasai Beberapa Skill Sebagai Tour Guide

Ketika menjalankan sebuah peran sebagai seorang tour guide, pasti seorang pemandu akan menjadi coordinator wisata dari pertama sampai akhir perjalanan. Dimulai dari menjemput tamu wisata di stasiun atau bandara sampai mengantarkan rombongan kembali ke stasiun atau bandara lagi di akhir perjalanan. Menyampaikan rangkaian perjalanan sesuai paket wisata yang telah mereka beli.

Selalu mengkoordinasikan para rombongan saat berada di warung makan, atau sedang mengunjungi pusat makanan khas atau oleh-oleh hingga mengkoordinasikan obyek wisata yang akan dikunjungi. Ketika menjalankan pekerjaannya, tour guide wisata memang menjadi sangat berguna dan begitu penting serta dapat disebut sebagai kunci utama berhasilnya sebuah perjalanan wisata.

Tour guide atau pemandu wisata adalah orang yang mewakilkan travel agent dari tempat mereka memesan paket wisata yang bisa menyampaikan profil dan juga pelayanan dari travel agent saat berada di lapangan. Lalu, apa saja sih skill atau kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang yang berprofesi sebagai pemandu wisata atau tour guide ? Berikut penjelasannya.

1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Menjadi seorang tour guide tentu sangat berhubungan erat dengan yang namanya komunikasi. Lewat komunikasi yang baik seorang tour guide akan menyampaikan arahan serta penjelasan kepada para rombongan wisatawan.

Memiliki kemampuan dalam memberikan informasi terkait obyek wisata, serta rangkaian perjalanan tour wisata dan juga menginformasikan fasilitas dari paket wisata. Itu semua wajib bisa dilakukan oleh para tour guide. Dengan memiliki komunikasi yang baik dan wawasan mengenai objek wisata yang akan dijelajahi, tentu rombongan wisata akan merasa puas dan menikmati perjalanan mereka.

2. Ramah, Beretika dan Bersahabat

Tentu bukan menjadi rahasia lagi bahwa sikap yang ramah merupakan bagian yang tidak terpisahkan terhadap aktivitas wisata. Tidak ada satu pun travel agent yang tidak mengutamakan keramahan terhadap para wisatawan mereka. Sehingga cukup sering dianggap bahwa perjalanan wisata merupakan industri paling ramah. Khususnya para tour guide, memiliki etika dan berperilaku sopan merupakan ciri khas dari seorang pemandu wisata.

3. Bisa Berbahasa Asing dengan Baik

Bisa dikatakan istilah yang ada di sektor pariwisata memakai bahasa asing yaitu bahasa Inggris. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa Inggris harus dikuasai oleh para tour guide apalagi dia bekerja pada travel agent yang tamunya bisa dari mancanegara. Selain itu jika seorang tour guide juga bisa menguasai beberapa bahasa daerah tentu akan sangat membantu ketika sedang menghandle para wisatawan yang datang dari daerah tertentu.

4. Memiliki Wawasan Mengenai Sejarah

tour guide

Menjadi modal utama dari tour guide adalah memiliki pengetahuan yang luas setidaknya paham akan budaya, dan sejarah yang ada di negara Indonesia. Lebih khususnya yang berkaitan erat dengan spot wisata yang akan dikunjungi oleh para tamu wisata. Pastinya para wisatawan akan bertanya-tanya kepada tour guide yang memandu perjalanan mereka mengenai informasi dari obyek wisatawan yang sedang dikunjungi.

5. Dapat Melakukan Improvisasi dan Memiliki Rasa Humor

Selama perjalanan ada saatnya seorang tour guide di dalam bus melontarkan candaan atau joke ringan. Terdengar sepele namun hal tersebut dapat mengantisipasi kebosanan yang dirasakan oleh para wisatawan ketika sedang melakukan perjalanan menuju ke spot wisata berikutnya.

Memiliki kemampuan dalam improvisasi juga sangat dibutuhkan apalagi saat terjadinya kendala teknis selama perjalanan. Dengan begitu tour guide bisa mengalihkan ke plan B atau mengubah target tujuan wisata lain sebagai opsi jika wisata yang akan dituju sebelumnya sedang ditutup atau terjadi kendala lain yang tidak memungkinkan bisa dikunjungi hari itu juga.

6. Mampu Mengingat dan Membaca Peta

Dapat mengingat sesuatu dengan baik tentu sangat membantu tour guide professional. Hal tersebut ada kaitannya dengan mengingat tempat, wajah, informasi, dan semua hal yang menyangkut tentang wisata. Khususnya dapat mengingat peta serta jalan untuk menuju ke tempat wisata dengan membaca peta tersebut. Dengan begitu tour wisata dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan, sebab tour guide bisa menghandle semuanya.

7. Mengenal Karakter Serta Memahami Karakter Wisatawan

Semua orang pasti berbeda, mulai dari asal dan juga negara. Setiap orang mempunyai keunikan dan karakternya sendiri mulai dari menyukai sebuah destinasi wisata tertentu sampai selera dalam urusan makan. Jika rombongan dari Sumatera, sebaiknya siapkan menu makanan yang pedas. Lain halnya dengan selera wisatawan mancanegara yang mempunyai karakter berbeda dari orang-orang Indonesia pada umumnya.

Comments are closed.