Keuntungan Liburan Ala Backpacker

Keuntungan Liburan Ala Backpacker

Pernah berpikir berlibur ala backpacker? Liburan dengan cara ini ternyata sangat popular bagi traveler yang memang ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda. Liburan dengan cara backpacker ini sebenarnya tidak berbeda dengan liburan biasa. Perbedaannya adalah dari cara liburan yang mengedepankan akomodasi murah. Lalu apa saja keuntungan berlibur ala backpacker? Simak terus artikel ini. 

Konsep Liburan Ala Backpacker 

Tapi sebelum membahas apa saja keuntungan memilih libur dengan cara ini, maka harus memahami terlebih dahulu konsepnya. Ada 3 konsep yang paling dasar dari liburan ala backpacker ini, berikut ini ada konsepnya: 

  • Independen 

Konsep pertama adalah independen, dalam artian seorang yang berlibur dengan cara ini biasanya dilakukan secara perseorangan dan tidak berkelompok. Paling banyak backpacker biasanya dilakukan oleh dua orang. Tapi, mayoritas para backpacker melakukan perjalanan hanya seorang diri. 

  • Educated 

Tidak hanya itu saja, backpacker juga mengedepankan pendidikan. Di mana mereka tidak hanya berlibur untuk menyegarkan pikiran, tapi juga mengenal budaya dari tempat yang dituju. Sehingga akan memberikan pengalaman yang berbeda. 

  • Travel cheap 

Selain itu perjalanan juga dilakukan dengan cara dan biaya yang murah. Bukan berarti backpacker tidak mempunyai uang untuk berlibur, tapi mereka lebih mengedepankan untuk mengatur uang agar bisa berpetualang sejauh mungkin. 

  • Barang secukupnya 

Backpacker juga biasanya hanya membawa barang-barang cukup dan yang paling dibutuhkan. Semisalnya adalah identitas, beberapa baju, sepatu dan barang penting yang sekiranya diperlukan. Maka dari pada itu, mereka tidak menggunakan koper, melainkan backpack. 

Walaupun, backpacker melakukan perjalanan ke suatu tempat yang baru dan mengunjungi beberapa lokasi wisata, tapi mereka berbeda dengan turis atau wisatawan yang menggunakan agen. Para backpacker biasanya akan mengurus sendiri seluruh perjalanan. Semisalnya dari pemesanan tiket perjalanan, akomodasi hingga budget makan. 

Mereka juga biasanya hanya membeli souvenir untuk diri sendiri sebagai kenang-kenangan bahwa sudah mengunjungi lokasi tertentu. Tidak seperti wisatawan kebanyakan yang berlibur membawa pulang oleh-oleh untuk seluruh keluarga. Bahkan mereka lebih memilih menggunakan transportasi umum untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. 

Keuntungan Liburan Ala Backpacker 

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa walaupun backpacker memilih perjalanan dengan cara dan biaya yang murah bukan berarti tidak ada rencana yang dipersiapkan. Lalu apa saja keuntungan jika kamu berlibur dengan cara ini. berikut ini adalah keuntungannya: 

  • Hemat biaya 

Seperti yang sudah disebutkan berkali-kali, bahwa backpacker mengedepankan travel cheap. Sehingga bagi kamu yang memang ingin berlibur dengan biaya yang hemat, maka cara ini tepat untuk kamu lakukan. Hanya saja perlu diingat, kamu juga harus mempersiapkan dana lainnya yang bisa digunakan ketika darurat. Jangan mempersiapkan dana terlalu mepet dengan budget yang sudah dihitung, karena kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi saat perjalanan. 

  • Mendapatkan pengalaman baru 

Liburan dengan ala backpacker juga akan memberikanmu pengalaman baru yang tentu saja berbeda jika liburan dengan menggunakan agen. Semisalnya adalah ketika ingin berlibur ke tempat yang lebih jauh, biasanya wisatawan memilih menggunakan pesawat. 

Tapi, lain halnya dengan backpacker yang akan mencari transportasi yang lebih murah seperti kapal, kereta ataupun bus. Tentu saja, yang dicari bukan hanya dari murahnya saja. Namun, pengalaman perjalanan yang akan kamu dapatkan. Karena disetiap perjalanan dengan transportasi tersebut maka akan banyak sekali cerita yang bisa kamu dapatkan. 

  • Mengajarkan hidup mandiri 

Independen merupakan konsep utama dari perjalanan liburan ala backpacker. Ketika kamu memutuskan untuk berlibur dengan cara ini, maka seluruh persiapannya harus kamu lakukan seorang diri. Di sinilah kamu akan bisa belajar hidup mandiri. 

Kamu tidak akan mendapatkan bantuan seperti pada saat berlibur dengan agen. Walaupun tetap membutuhkan bantuan ketika ingin menuju suatu tempat, tapi tentu saja kamu akan melakukannya sendiri. Seluruh tahapan dari packing, mempersiapkan rute dan lain sebagainya akan membantu kamu menumbuhkan karakter mandiri untuk kehidupan sehari-hari. 

  • Dapat dilakukan kapan saja 

Keuntungan lain dari perjalanan liburan ala backpacker adalah tidak adanya jadwal yang ditetapkan. Tidak seperti ketika berlibur bersama dengan agen perjalanan yang mengharuskan wisatawan mengikuti seluruh jadwal yang sudah ada. 

Sehingga kamu bisa menikmati seluruh lokasi yang kamu datangi tanpa perlu khawatir diburu-buru waktu. Bahkan kamu juga dapat memperluas area perjalanan jika memang dirasa masih ada tempat lain yang ingin dikunjungi.

Dilihat dari keuntungannya tersebut, maka tidak heran banyak sekali orang yang memilih untuk melakukan liburan ala backpacker. Tapi, perlu diingat bahwa setiap keuntungan akan ada resiko yang dihadapi. Semisalnya adalah dari keamanan diri, di mana kebanyakan backpacker yang melakukan perjalanan sendiri bisa saja menjadi korban tindakan criminal. 

Resiko untuk tersesat pun juga lebih besar, karena biasanya backpacker hanya mengandalkan peta. Maka dari pada itu, perlu sekali persiapan matang agar perjalanan liburan ala backpacker bisa lancar. Sudah pasti akan ada hambatan, tapi tujuan dari backpacker bukan hanya berlibur tapi mencari pengalaman baru. Jadi, tertarik untuk berlibur ala backpacker? 

Visit : Aplikasi Tabungan Online

Comments are closed.