Kunjungi 5 Spot Wisata Wajib ini Jika Mudik ke Sukabumi

Kunjungi 5 Spot Wisata Wajib ini Jika Mudik ke Sukabumi

Kita semua tentunya sudah tahu jika Sukabumi telah membentang dari barat daya sampai ke utara dari Jawa Barat. Beberapa tempat wisata yang ada di Sukabumi ini berada di wilayah yang membelah antara dataran rendah dan tinggi. Sehingga tidak perlu kamu ragukan lagi jika berkunjung kesini saat mudik, sebab ada banyak spot wisata yang wajib untuk kamu kunjungi. 

Nah, apa saja tempat wisata menarik yang ada di Sukabumi? Berikut ini ada beberapa rekomendasi yang harus kamu coba. 

1. Curug Awang 

Seperti yang kita tahu jika Sukabumi mempunyai banyak sekali curug yang sama seperti di Bogor. Curug Awang menjadi salah satu curug terbaik karena memiliki julukan yaitu Air Terjun Niagara versi kecilnya. Curug Awang ini membentang mulai dari ujung tebing ke tebing lainnya dan mempunyai ketinggian sampai 40 meter dari permukaan tanah. 

Waktu yang tepat untuk mengunjungi curug yang berada di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini yaitu pada saat musim hujan. Karena pada saat itu, aliran air terjun turun sangat deras sehingga kamu dapat menikmati keindahannya seperti Air Terjun Niagara yang ada di luar negeri. Jangan lupa untuk mengabadikannya. 

Untuk bisa menikmati keindahan curug tersebut, pastikan terlebih dahulu fisikmu kuat. Sebab, kamu harus menempuh perjalanan 1,5 KM dari tempat parkir dengan medan yang sangat menantang. Dan untuk berkunjung kesini kamu hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3 ribu dan untuk parkirnya Rp 5 ribu. 

2. Bravo Adventure 

Untuk kamu yang senang menjelajah dan juga berkemah yang serba natural dan manual seperti mulai dari mencari makan dan juga membanfun tenda sendiri. Tetapi, jika kamu suka yang serba praktis dan anti ribet namun tetap ingin menyatu dengan alam, kamu bisa berkunjung ke Bravo Adventure. 

Tempat wisata ini berlokasi di Kampung Bantar Selang, Sukabumi, Jawa Barat. Di sini kamu bisa menikmati berkemah dengan mewah dan tidak akan kekurangan apapun karena semuanya telah disediakan disini. Kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 500 ribu untuk penginapan dan outbond nya. 

3. Gua Buniayu 

Gua ini dianggap menjadi salah satu goa yang memiliki struktur terbaik yang ada di kawasan Asia Tenggara. Tak heran apabila para wisatawan yang berkunjung ke goa ini nantinya akan dipinjami sejumlah peralatan terbaik supaya keselamatannya bisa terjaga ketika masuk ke dalam goa yang sangat gelap.

Tempat wisata ini buka mulai dari pukul 08.00 pagi sampai 22.00 malam. Untuk masuk ke sini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15 ribu untuk setiap orangnya. Para wisatawan yang datang kesini biasanya harus menunggu kuota masuk penuh terlebih dahulu. 

Biasanya kuota tersebut berisi 6 sampai 8 orang. Apabila jumlahnya sudah sesuai, maka ada pemandu yang akan mengantar dan juga mendampingi pengunjung untuk menjelajahi gua ini. Kawasan gua ini sebenarnya mempunyai 3 gua yang berbeda. Tetapi hanya ada 2 gua saja yang selalu dibuka untuk umum. Gua satunya hanya boleh dimasuki oleh para peneliti maupun para profesional. 

4. Kampung Ciptagelar 

Selanjutnya yaitu Kampung Ciptagelar. Sukabumi memang mempunyai kampung adat yang hingga saat ini terjaga keasliannya. Jika kamu ingin menikmati suasana masa lalu dari kawasan Sunda serta seluruh kearifan lokalnya, maka kamu dapat mendatangi Kampung Sukamulya di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Pada tempat wisata yang satu ini kamu dapat melihat beberapa bangunan lawas, kegiatan penduduk yang masih tetap terjaga nilai leluhurnya serta keramahan penduduknya. Ketika kamu datang ke kampung ini, sebisa mungkin untuk membawa makanan sendiri, sebab lokasinya sangat terpencil dan juga sulit dijangkau dengan kendaraan umum. 

5. Pantai Cimaja 

Pastinya beberapa diantara kamu merasa asing lagi jika mendengar pantai ini. Tetapi, untuk wisatawan dari mancanegara yang menyukai aktivitas seluncur ombak, tentu saja pantai ini menjadi pantai terbaik bagi mereka. Setiap harinya ada banyak sekali peselancar profesional maupun yang masih amatir datang ke pantai ini, sebab pantai cimaja mempunyai ombak setinggi 4 meter. 

Tidak hanya ada ombak yang dapat memikat pengunjung untuk ke pantai ini, namun pantai ini juga menawarkan suasana seperti di Bali yang sangat indah. Untuk kamu yang ingin menikmati suasana ini, maka kamu bisa datang ke Pantai Cimaja yang terletak di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat. 

Nah, demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Sukabumi yang cocok untuk kamu kunjungi jika mudik ke Sukabumi. Jangan lupa untuk selalu mengabadikan setiap momen saat pergi ke tempat wisata. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba! 

Comments are closed.