Rekomendasi Spot Wisata Sejarah di Jakarta

Rekomendasi Spot Wisata Sejarah di Jakarta

Mengisi hari libur atau sekedar menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dengan mengunjungi wisata sejarah, dapat menjadi wisata pilihan untuk liburan sambil memperoleh edukasi. Apalagi bila edukasi yang ada bisa menambah pengetahuan anak-anak mengenai sejarah dari perjuangan negara Indonesia pada jaman dulu.

Menjadi ibu kota negara Indonesia, DKI Jakarta mempunyai banyak sekali lokasi wisata yang sayang jika kamu lewatkan. Beberapa diantaranya merupakan saksi sejarah dari perjuangan pahlawan tanah air. Dibawah ini terdapat beberapa spot wisata sejarah menarik yang ada di Kota Jakarta.

1. Museum Katedral

Tidak hanya dijadikan tempat beribadah untuk penganut agama katolik saja, tempat satu ini juga mempunyai fungsi lain yakni sebagai spot wisata sejarah yang dapat kamu kunjungi. Museum tersebut sudah diresmikan dari 28 april tahun 1991 silam. Didalamnya terdapat koleksi yang sangat beragam. Umumnya terdiri dari cerita dan sejarah dari misionaris yang asalnya dari negara Belanda.

Diketahui misionaris ini bertugas untuk memperluas agama katolik yang ada di Indonesia. Tidak hanya itu, museum tersebut juga mempunyai beberapa foto kardinal yang dapat kamu lihat. Lokasinya di Jl Katedral, Pasar Baru, wilayah Jakarta Pusat. Dengan begitu kamu dapat melihat beberapa macam koleksi yang ada di museum tersebut. Selalu dibuka setiap haris kecuali pada hari Jumat.

2. Tugu Proklamasi

Spot wisata sejarah selanjutnya adalah Tugu Proklamasi yang letaknya di Jakarta Pusat. Tugu Proklamasi ini telah dibangun tanggal 1 Januari tahun 1961 lalu. Sementara untuk peresmiannya yaitu dilakukan tanggal 17 Agustus tahun 1972, dan diresmikan langsung oleh Soeharto. Disini kamu akan disuguhkan patung-patung berbentuk Bung Hatta dan Bung Karno yang pose nya diambil dari potret membaca teks proklamasi

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengenang dan mengingat sejarah tentang proklamasi lebih dalam saat kamu berada di spot wisata sejarah kali ini. Di tempat ini tidak hanya dikunjungi sebagai lokasi wisata saja. Tapi, Tugu Proklamasi tersebut sering dijadikan tempat diselenggarakannya upacara kemerdekaan.

3. Museum Gajah

Tempat ini juga menjadi salah satu spot wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi, tempat tersebut bernama Museum Gajah. Tempat ini dikenal juga dengan sebutan Museum Nasional dan sudah didirikan dari era kolonial Belanda pada tahun 1978. Terdapat begitu banyak koleksi yang tersedia di museum ini. Apabila kamu berpikir akan bertemu gajah tentu hal tersebut tidak akan ada.

Hal tersebut dikarenakan kamu bakal melihat berbagai koleksi yang jumlahnya sekitar 142 ribu jenis. Semua koleksi yang ada, terdiri dari beragam jenis. Mulai dari keramik, geografis, arkeologi, etnografi, sampai zaman prasejarah juga bisa kamu temui di dalam museum ini. Berada di Jl. Merdeka Barat, wilayah Jakarta Pusat, dan kamu dapat mengunjungi lokasi ini di hari Selasa, hari Rabu dan kamis.

4. Kawasan Kota Tua

wisata jakarta

Tentu tidak lengkap rasanya bila datang ke Kota Jakarta tapi belum mengunjungi spot wisata kota tua. Di wilayah tersebut begitu banyak deretan museum yang dapat kamu kunjungi. Tidak hanya itu, di kawasan ini selalu dipenuhi oleh wisatawan yang berkunjung sebab tempat tersebut sangat menarik dijadikan spot foto. Maka dari itu, kamu juga harus mengunjungi lokasi tersebut ketika datang ke Jakarta.

Banyak macam kegiatan yang dapat kamu lakukan. Seperti mencoba kuliner khas dari Kota Jakarta atau berfoto di kawasan Kota Tua sampai menyewa sepeda serta mengabadikan gambar dengan tokoh-tokoh ikonik yang berada di kawasan ini. Dengan begitu, sangat jelas jika kawasan tersebut merupakan spot wisata sejarah yang sangat menarik dan layak untuk dikunjungi.

5. Museum Kebangkitan Nasional

Dulunya bangunan tersebut merupakan sekolah kesehatan, lebih tepatnya kedokteran yang beroperasi di zaman kolonial Belanda yaitu bernama STOVIA. Setelah itu, dari masa ke masa bangunan tersebut berubah menjadi sebuah museum yang akhirnya dinamakan sebagai museum Kebangkitan Nasional. Museum ini telah diresmikan di tahun 1902 silam. Di dalamnya pun terdapat begitu banyak koleksi dan benda-benda bersejarah yang harus kamu ketahui.

Dari berbagai koleksi yang tersedia, ada satu diantaranya yang sepertinya wajib untuk dilihat langsung. Seperti diorama yaitu koleksi museum para pelajar STOVIA sampi para guru STOVIA. Tidak sampai situ saja, dan bahkan di museum ini kamu juga dapat melihat secara langsung diorama tentang ibu Kartini.

Bagi kamu yang mau berkunjung ke spot wisata sejarah tersebut maka kamu dapat mengunjungi di hari Selasa sampai hari Minggu mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Selain itu biaya tiketnya pun sangat murah, tidak akan lebih dari 10 ribu. Selain memberikan edukasi dan pemahaman tentang sejarah museum tersebut juga menawarkan biaya tiket yang sangat murah. Tentu spot tersebut juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang sedang berada di Kota Jakarta.

Comments are closed.